11+ Cemilan Sehat Dari Jenis Kacang Kacangan (Kaya Gizi)

11+ Cemilan Sehat Dari Jenis Kacang Kacangan (Kaya Gizi)

Berbicara mengenai cemilan sehat, mungkin kamu adalah salah satu penggemarnya. Jika iya, pembahasan kali ini sangat tepat sekali untuk kamu simak ya. Namun, saat ini kita akan membahas tentang jenis kacang kacangan yang pantas menjadi cemilan sehat sehari-hari.

Jika mendengar kata kacang, pasti yang terpikirkan oleh kamu adalah rasa gurihnya ya. Dan jika digigit akan terdengar kremes-kremesnya.

Bagaimana sudah bisa dibayangkan?

Di indonesia sendiri saat ini sudah banyak sekali jenis kacang kacangan yang bisa dikonsumsi, baik secara langsung maupun harus adanya proses pengolahan terlebih dahulu.

Bahkan dalam dunia kuliner, kacang sering digunakan untuk campuran pada masakan atau pelengkap pada kue dan lain sebagainya. Akan tetapi tidak semua jenis kacang bisa dimanfaatkan untuk keperluan tersebut ya.

Jadi bagaimana? Nggak salah dong jika kacang ini bisa dikatakan bagus untuk cemilan sehat sehari-hari? Karena selain rasanya enak, ternyata kaya akan kandungan baik juga lho.

Penasaran apa saja dengan jenis kacang kacangan yang bisa dijadikan cemilan sehat? Nah, berikut ini kami rangkum ya untuk kamu. Selamat menyimak.

1. Kacang Tanah

Kacang TanahKacang Tanah
Kacang Tanah (alodokter.com)

Siapa sih saat ini yang belum pernah mencoba kacang tanah? Warnanya yang cokelat muda memiliki bentuk seperti biji ini merupakan yang paling populer dari jenisnya. Rasanya yang gurih, dan nikmat. Sering dijadikan teman untuk menonton suatu hiburan.

Misalnya saat menonton pertandingan bola bersama teman, tidak akan lengkap jika belum ada kacang untuk cemilannya.

Iya kan?

Bahkan kacang tanah ini, sudah banyak dimanfaatkan menjadi olahan tambahan pada beberapa makanan tradisional maupun modern. Seperti pecel, bumbu sate, gado-gado, sayur asem, selai roti, kue dan masih banyak lagi.

Dan yang paling penting adalah ketika kamu mengonsumi kacang tanah ini bisa berfungsi untuk diet. Nah, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, sangat bisa agar rutin dalam mengonsumsinya.

Tentunya masih banyak ya manfaat lain untuk kesehatan dari memakan kacang tanah ini. Misalnya untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan empedu dan lain sebagainya.

Namun, tetap perlu diperhatikan. Agar kamu mendapatkan kesehatan, jangan berlebihan juga dalam mengonsumsinya. Hehe.

2. Kacang Almond

Kacang Almond
Kacang Almond (mnn.com)

Kamu mencari cemilan yang rendah kalori? Nah, salah satunya adalah kacang almond ini. Jenis kacang yang satu ini, memang cukup terkenal dan banyak digemari. Bentuknya yang lonjong serta memiliki kulit tampak seperti keriput dan berwarna cokelat tua.

Kenapa kacang almond termasuk ke dalam cemilan kacang yang bagus untuk dikonsumsi? Karena ketika seseorang mengonsumsinya itu bisa berdampak baik bagi kesehatannya.

Diantaranya adalah bisa menurunkan kolestrol, mengurangi resiko adanya penyakit jantung, memiliki beberapa vitamin E, B2, Serat, kaya dengan biotin dan lain sebagainya.

Bagaimana? Menarik bukan?

Nah, yang bisa dimanfaatkan dari kacang ini cukup banyak. Hampir dengan dengan kacang tanah, almond juga banyak digunakan untuk campuran makanan oleh para koki ya.

Banyak para koki menambahkan kacang almond untuk aneka dessert seperti cokelat, cake, cookies dan lain-lain.

Akan tetapi, kacang ini memang tergolong memiliki harga cukup mahal untuk didapatkan ya. Namun, tidak sulit untuk menemukannya. Karena sudah banyak toko-toko atau minimarket yang menjual kacang almond ini.  

3. Kacang Kedelai

Kacang Kedelai
Kacang Kedelai (ibudanbalita.com)

Apakah kamu suka makan tempe dan tahu? Makanan sehari-hari yang biasa kita konsumsi itu memang sangat bagus untuk tubuh. Nah, Jika kamu telah mengonsumsinya, maka secara tidak langsung kamu sudah mengonsumsi kacang kedelai ini.

Bagaimana tidak, karena bahan utama dari tempe dan tahu adalah kacang kedelai. Jadi pantas saja ya, jika kecang ini merupakan jenis kacang kacangan yang memiliki penjualan tertinggi terutama di Indonesia.

Ya, selain bagus untuk tubuh kacang yang ukurannya kecil ini rasanya gurih, renyah dan lezat. Jadi wajar dong jika temasuk ke dalam cemilan yang sehat untuk sehari-hari.

Namun, bukan hanya itu saja.

Jika kamu belum tahu, kacang ini sering diolah menjadi minuman yang menyehatkan yaitu susu kedelai. Dan karena kandungan gizinya, sangat cocok untuk dijadikan alternatif dari susu sapi.  

4. Kacang Tolo

Kacang Tolo
Kacang Tolo (ideasdesign.today)

Kacang tolo yang mana sebagaian orang mengenal dengan sebutan kacang tunggak, kacang kebo dan kacang dadap. Sudahkah kamu mencoba jenis kacang kacangan yang satu ini? Ya, sangat mungkin pernah ya.

Karena biasanya kacang tolo ini sering terdapat pada masakan. Beberapa diantaranya seperti aneka gulai, sambal goreng krecek, dan menjadi campuran cemilan pada singkong parut atau ketan.

Kacang ini, sangat mudah di temukan daerah tropis seperti Indonesia dan Negara Asia lainnya.

Kenapa demikian?

Karena kacang ini sangat mudah untuk ditanam, dan banyak dimanfaatkan oleh para petani. Dan yang lebih penting adalah banyak kebutuhan kacang ini yang dipakai untuk bahan masakan.

Biasanya kacang ini dijual sebelum siap dimakan ya.

Maka dalam pengolahannya, perlu direndam lalu mengembang. Dan kemudian barulah untuk tahap olahan selanjutnya, yaitu dimasak sebagai campuran pada masakan atau dijadikan macam-macam cemilan.

Selain rasanya nikmat, kacang tolo tentu memiliki kompenen zat gizi yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Seperti protein, zink, folat, kalsium, serat, dan rendah lemak. Hmm ternyata menjaga kesehatan itu sangat menyenangkan ya.

Cukup memakan cemilan dari jenis kacang kacangan ini saja, kesehatan kita bisa jadi lebih baik.

5. Kacang koro

Kacang Koro
Kacang Koro (republika.co.id)

Di Indonesia, kacang koro yang paling dikenal dan mudah ditemukan adalah kacang koro pedang. Kacang polo ini merupakan termasuk jenis kacang polong. Memiliki warna pink dan merah kecokelatan pada bagian bijinya. Serta bentuknya yang lonjong dan melengkung.

Tekturnya yang renyah, dengan memiliki rasa yang gurih tak mengherankan jika kacang ini memang banyak disukai. Terlebih untuk menemukannya juga tidak sulit.

Selain karena rasanya yang nikmat kacang koro juga memiliki kandungan yang baik.

Oleh sebab itu kacang ini sering dijadikan alternatif dari kacang kedelai untuk bahan pemabuatan tahu dan tempe. Menariknya adalah selain kandungan gizinya sama, ternyata kacang koro lebih murah jika dibandingkan kacang kedelai.

6. Kacang Merah

Kacang Merah
Kacang Merah (hellosehat.com)

Kamu suka dengan sayur? Pasti pernah dong memakan salah satu jenis kacang kacangan ini. Ya, kacang merah. Jika dilihat dari bentuknya, secara bijinya lebih besar jika dibandingkan dengan kacang kedelai dan kacang tanah.

Kacang yang sering menjadi campuran dalam bahan makanan sehari-hari ini memang enak rasanya. Apalagi jika sudah menjadi masakan yang siap disantap. Seperti sayur, sop, buntil, hidangan pencuci mulut, atau bahkan sebuah es kacang merah yang menyehatkan.

Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa kacang yang tumbuh di Indonesia dan negara Asia lainya seperti India ternyata memiliki kandungan yang baik.

Ternyata tidak hanya lezat ya, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya seperti bisa membantu menurunkan berat badan, dan bahkan untuk mencegah kanker.

Wow, bagaimana? Sungguh bagus bukan jika bisa mengonsumsinya dengan teratur. Bukan hanya kenikmatan dari rasanya saja, melainkan juga mendapatkan kesehatan. Dan pastinya masih banyak lagi manfaat bagi kesehatan lainnya ya.

7. Kacang Hijau

Kacang Hijau
Kacang Hijau (mitrapost.com)

Jika berbicara kacang hijau, pasti tidak asing ya. Terlebih untuk kamu yang sehari-hari suka memakan bubur kacang hijau. Kacang yang memiliki warna hijau pada bagian luarnya ini memang banyak dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan.

Mungkin yang paling populer adalah bubur kacang hijau ya, namun ternyata masih banyak lho macam-macam olahan lainnya.

Misalkan seperti gandasturi, mageli, es lilin kacang hijau, dan bahkan bisa menjadi pudding yang enak.

Hmm. Bagaimana? Nikmat bukan.

Dan paling penting adalah dengan mengonsumsi jenis kacang kacangan yang satu ini. Secara tidak

Dan paling penting adalah dengan mengonsumsi jenis kacang kacangan yang satu ini. Secara tidak langsung bahwa kamu juga dengan menjaga kesehatan. Karena banyak gizi baik yang terkandung didalamnya.

Dengan mengonsumsi kacang hijau, itu bisa mencegah dari penyakit jantung, kanker, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, bisa membantu menurunkan berat badan, kaya akan protein dan masih banyak lagi.

Jadi bagaimana, masih ragu untuk mencoba memakan kacang hijau ini?

8. Kacang Mete

Kacang Mete
Kacang Mete (lampung.tribunnews.com)

Kacang mete atau yang biasa dikenal denga kacag mede adalah cemilan sehat yang paling enak bagi sebagian orang. Karena rasanya yang gurih setelah digigit dan enak dilidah. Wajar ya jika banyak yang menyukai kacang ini.

Namun, faktanya kacang mete ini sebenernya bukanlah bagian dari kacang pada umumnya. Melainkan sebuah biji yang terdapat pada buah jambu monyet.

Akan tetapi, banyak yang menyebut biji yang satu ini menjadi bagian dari jenis kacang kacangan. Lalu dikenal merupakan bagian dari jenis kacang. untuk kamu yang senang dengan cemilan yang memiliki rasa gurih, asin, dan manis.

Kamu harus mencoba kacang mete ini, karena rasa itulah yang kamu dapatkan jika sudah mencobanya.

Selain itu, banyak juga yang sudah menjadikan kacang mete ini sebagai tambahan penikmat pada makanan. Seperti cokelat, es krim, kue, dan masih banyak lagi.

Dan yang paling penting adalah mengonsumsi kacang mede bukan hanya nikmat saja yang kamu rasakan. Banyak manfaat yang baik bagi tubuh jika kamu bisa mengomsumsinya dengan rutin. Salah satunya untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kepadatan tulang dan lain sebagainya.

9. Kacang Kapri/Polong/Ercis

Kacang kapri/Polong/Ercis
Kacang Kapri/Polong/Ercis (merdeka.com)

Cemilan kecang yang sehat selanjutnya adalah kacang kapri. Kacang yang memiliki beberapa panggilan ini memang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Biasanya dikenal dengan kacang polong atau kacang ercis ini cukup sering dijumpai pada sebuah masakan.

Ada sebagian orang yang menambahkan kacang ini pada sambal goreng, sup, tumis dan masakan lainnya.

Tetapi mungkin belum banyak diketahui, bahwa kacang kapri terdapat 2 jenis adanya. Pertama biasanya disebut dengan Snow Peas, dan lainnya adalah Garden peas. Dan paling sering kita jumpai adalah Snow Peas.

Selain menjadi campuran dalam bahan masakan, kacang ini juga sudah menjadi bentuk olahan lain seperti beberapa cemilan. Namun, berbeda dengan kacang tanah, untuk dapat dikonsumsi itu harus melalui beberapa tahap proses dulu ya.

Dan yang cukup penting diketahui adalah manfaat yang didapat dari mengonsumsi ini ya. Tentu tidak jauh berbeda dengan kacang lainnya yang sudah disebutkan di atas. Banyak manfaat baik yang kamu dapatkan setelah mengonsumsi kacang ini, terlebih jika bisa rutin.

Beberapa diantaranya adalah bisa menyehatkan mata, bisa menyegah pada peradangan, untuk kekebalan tubuh, menjaga kesehatan syaraf, menyehatkan kulit dan lain sebagainya.

10. Kacang Pecan

Kacang Pecan
Kacang Pecan (merdeka.com)

Kacang pecan, apa kamu sudah pernah mendengar atau mencoba kacang ini? Jenis kacang kacangan yang satu ini memang terdengar agak asing ya. namun, tanpa disadari bahwa kacang ini sebenernya sudah banyak digunakan pada bahan masakan dan makanan.

Mau itu berupa makanan ringan, kue, atau pada makanan penutup.

Rasanya yang gurih, renyah, dan juga baik untuk kesehatan sangat cocok jika dijadikan cemilan sehari-hari. Tak mengherankan jika sekali mencoba kacang ini, maka akan membuat siapapun ingin mencoba lagi dan lagi.

Maka dari itu, sangat cocok ya jika kacang ini termasuk ke dalam cemilan sehat yang sarankan. Hehe. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba biji-bijian ini. Mudah saja untuk menemukannya, pastinya sudah ada ya di minimarket terdekat dari lokasi rumah kamu.

Manfaatnya apa untuk kesehatan? Perlu kamu ketahui ya, salah satu manfaatnya ialah sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol.

Nah gimana? Tertarik untuk mencobanya?

11. Kacang Pistachio

Kacang Pistachio
Kacang Pistachio (merdeka.com)

Mungkin jika mendenger namanya sangat asing ya di telinga kita. Ya, kacang ini dikenal dengan nama pistachio. Berbeda dengan kacang lainnya yang sudah kami sebutkan di atas, kacang ini tidak tumbuh di Indonesia ya. Melainkan dari Negara Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan.

Namun kamu tidak perlu khawatir ya, walaupun kacang tersebut bukan berasal dari Negara tercinta ini. Jika kamu tertarik ingin mencobanya, kamu bisa membelinya di minimarket atau membeli secara online. Karena sudah banyak toko online yang menyediakannya.

Tentunya dengan harga yang relatif terjangkau ya.

Info menarik dari kacang ini, ternyata bukan hanya untuk cemilan saja. Akan tetapi, dengan manfaat tersebut bisa juga untuk ibu hamil. Begitu juga untuk kamu yang memiliki kelebihan pada berat badan. Kacang ini sangat tepat untuk menjadi solusi untuk diet.

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya terutama untuk wanita, karena zat antioksidan yang dimilikinya bisa membuat tampak awet muda.

Namun perlu di ingat ya. sebaik apapun kandungan pada kacang ini. Akan menjadi dampak yang kurang biak jika mengonsumsinya berlebihan. Maka akan menimbulkan efek samping yang kurang untuk diri sendiri. Jadi konsumsilah sewajarnya ya.

12. Kacang Macadamia

Kacang Macadamia
Kacang Macadamia (asritadda.com)

Jenis kacang kacangan terakhir adalah kacang macadamia. Kacang ini memang belum banyak diketahui oleh orang, khususnya di Indonesia. Kacang yang berasal dari Negara Australia ini memang rasanya enak seperti kacang-kacang lainnya.

Lalu bedanya apa dengan jenis kacang kacangan lain?

Ya, yang paling mencolok adalah harga dari kacang tersebut jauh dibandingkan yang lain. Bisa dikatakan bahwa kacang macadamia adalah kacang termahal dari semua jenis kacang.

Jika kamu ingin tahu bagaimana rasa dan tertarik ingin membelinya. Tenang saja ya, kamu tidak perlu pergi jauh-jauh naik pesawat ke Australia. Karena di Indonesia saat ini juga sudah ada. Lebih tepatnya berada pada Provinsi Jawa Timur yaitu daerah Bondowoso.

Nah, dekatkan lokasinya?

Didaerah tersebut, ternyata sudah banyak yang membudidayakan dan tentunya sudah cukup banyak juga yang menjual kacang tersebut. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di toko online dari mulai harga termurah sampai harga termahal ya.

Tinggal piliih saja mana yang akan kamu beli, nanti pesanan akan diantar ke rumah kamu. Hehe. Dan tentu, selain menjadi cemilan sehat, kacang ini juga banyak ya manfaat baiknya. Jadi ga salah deh jika nanti ingin ngemil. Bukan hanya nikmat, melainkan juga menyehatkan.

Itulah beberapa jenis kacang kacangan yang bisa menjadi pilihan untuk kamu sebagai cemilan sehat favorit ya. Akan lebih nikmat jika ngemilnya tidak sendiri, bisa dengan keluarga, kerabat, sahabat atau bahkan teman nongkrong ya.

Oke, mungkin hanya itu saja yang dapat kami uraikan pada kesempatan kali ini. Hmm. Jadi kamu mau pilih yang mana untuk cemilan kamu hari ini?

Leave a Comment